Upacara HUT ke-78 RI Juga Bakal Digelar di IKN

Milenialnusantara.id – Upacara peringatan HUT ke-78 RI juga akan digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN). Upacara di IKN akan dipimpin oleh Kepala Otorita IKB Bambang Susantono.

“Kepala IKN Pak Bambang,” kata Deputi Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin kepada wartawan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Minggu (13/8/2023).

Bey mengatakan nantinya juga akan ada video conference di Istana Merdeka untuk menayangkan upacara di IKN. Tapi hal tersebut masih tentatif.

“Nanti ada semacam video conference dengan IKN, karena di IKN juga ada upacara peringatan 17 Agustus di hari yang sama. Direncanakan seperti itu, kita cek juga nanti jaringan apakah memungkinkan atau tidak,” kata Bey.

Bey lalu menjelaskan ornamen-ornamen IKN yang terpasang di Istana Merdeka jelang upacara HUT ke-78 RI. Bey mengatakan hal itu bentuk semangat kalau RI memiliki ibu kota baru.

“Iya memang temanya kan tema IKN, dari mulai di depan nih tempat foto kan udah IKN termasuk disini juga. Semangat bahwa kita memiliki ibu kota nusantara,” ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah meluncurkan logo resmi HUT ke-78 Republik Indonesia (RI). Logo HUT RI pada 2023 ini dipilih langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Logo Hari Kemerdekaan ke-78 RI ini mencerminkan rasa tegas, stabil, lugas, dan kesatuan. Logo itu bermakna meneruskan laju pertumbuhan secara kolektif, mendorong seluruh elemen bangsa untuk memiliki sifat tanggung jawab bersama, dan bergerak secara harmoni menuju Indonesia Maju.

“Judul tema besar tahun ini adalah ‘Terus Melaju untuk Indonesia Maju’. Itu tema besarnya. Dan berikutnya adalah logo Kemerdekaan RI ke-78, ini adalah logo yang dipilih oleh Bapak Presiden,” ujar Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono dalam keterangan pers secara virtual, Senin (12/6/2023).

Ada tiga variasi warna untuk logo HUT ke-78 RI. Jika berlandaskan warna putih, angka 78 berwarna merah dengan tema berwarna hitam. Jika berlandaskan warna merah, angka 78 dan tema berwarna putih. Sedangkan, jika berlandaskan warna hitam, angka 78 dan tema berwarna putih.

Sementara itu, penulisan tema ‘Terus Melaju untuk Indonesia Maju’ ditempatkan di samping kanan maupun di bawah logo angka 78.(*)

spot_img
Populer
Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here