Agenda Perayaan HUT ke-78 RI pada 17 Agustus 2023, Kirab Bendera Pusaka hingga Video Mapping

Milenialnusantara.id – Beragam agenda digelar dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun atau HUT ke-78 RI. Pedoman pokok kegiatan di tingkat pusat ini tertuang dalam Surat Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia nomor B-761/M/S/TU.00.04/08/2023.

Agenda yang berlangsung pada Kamis, 17 Agustus 2023 terdiri atas Kirab Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi pada pukul 08.30 WIB. Momentum tersebut berlokasi di Silang Monas – Patung Arjuna Wijaya – Jalan Medan Merdeka Barat – Halaman Istana Merdeka.

Acara dilanjutkan dengan pertunjukan seni pada pukul 09.00 WIB di halaman Istana Merdeka. Masih di lokasi yang sama, digelar pula upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI pada pukul 10.00 WIB.

Pertunjukan kesenian kembali dilaksanakan pada 15.45 WIB di halaman Istana Merdeka dan lokasi yang sama agenda upacara penurunan Bendera Sang Merah Putih pada 17.00 WIB. Pada malam harinya, yakni puku 19.00 WIB digelar video mapping di Monas.

Dikutip dari News Liputan6.com, polisi menyiapkan rekayasa pengalihan arus lalu lintas di kawasan sekitaran Istana Merdeka, pada Kamis 17 Agustus 2023. Pengalihan arus lalu lintas berlaku pada saat upacara peringatan HUT ke-78 RI.

“Pengalihan arus seputaran istana negara dalam rangka upacara hari Kemerdekaan RI ke-78,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman dalam keterangan tertulis, Rabu, 16 Agustus 2023.

Latif menerangkan, arus lalu lintas dari arah Tugu Tani atau Jalan Medan Merdeka Selatan menuju Jalan Medan Merdeka Utara dialihkan. “Arus lalin dialihkan ke Jalan Perwira,” ujar dia.

Cek Pengalihan Lalu Lintas di Kawasan Istana

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) membawa Bendera Merah Putih saat upacara peringatan HUT ke-76 RI di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021). (Foto:Muchlis Jr-Biro Pres Sekretariat Presiden)

Berikutnya, arus lalu lintas dari arah Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit atau Jalan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Juanda atau ke Jalan Suryopranoto. Selanjutnya, arus lalu lintas yang akan menuju ke Jalan Veteran 1, Veteran 2, Veteran 3 ditutup.

Sementara itu, arus lalu lintas dari arah Bundaran Patung Kuda menuju traffic light Harmoni mengalir. Pun demikian arus lalu lintas dari arah Kedubes AS menuju Bundaran Patung Kuda.

Terpisah, Kasat Lantas Wilayah Jakarta Pusat Kompol Purwanta menerangkan, pemberlakuan bakal diberlakukan mulai Kamis pagi. “Kami tutup dari pas pasukan masuk saja. Kalau pasukan enggak masuk masih normal. Jadi sifatnya tentatif aja,” tandas dia.

Peringatan HUT ke-78 RI di Istana Merdeka rencananya akan dihadiri 8.000 tamu undangan. Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan bahwa perayaan bulan kemerdekaan kali ini akan dilakukan secara berbeda dan lebih semarak, mulai dari banyaknya jumlah undangan, berbagai kegiatan kenegaraan, serta acara pendukung.

Upacara HUT ke-78 RI di Istana Akan Dihadiri 8.000 Tamu Undangan

Upacara Bendera HUT RI-74

“Ada sedikit perbedaan, yang pertama adalah kami full undangan secara fisik jumlahnya kurang lebih pagi hari 8.000 dan sore harinya, seperti itu,” kata Heru dalam konferensi pers, Senin, 31 Juli 2023.

Berbeda dari biasanya, kata dia, upacara peringatan detik-detik proklamasi akan diawali kirab bendera pusaka dan pertunjukan seni yang dilakukan dengan jarak dan durasi yang lebih lama. Selain itu, pada tahun ini pertunjukan fly pass pesawat tempur juga akan dilakukan oleh semua matra TNI.

“Ini kami panjangkan jalurnya dari cawan Monas menuju patung kuda, dari sana dari patung kuda belok ke kanan melewati kantornya Ibu Wamen (Wamenparekraf) dan beberapa kantor kementerian terus lanjut masuk Istana,” kata Heru menjelaskan.

“Sehingga kami harapkan masyarakat juga bisa melihat di dalam Monas maupun di sepanjang jalan yang tadi saya sampaikan Merdeka Barat,” ujar dia.

“Acara intinya adalah Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan upacara penurunan bendera pada tanggal 17 Agustus 2023, didahului dengan kirab bendera pusaka dan pertunjukan seni,” ujar dia.

HUT ke-78 RI, Pemprov DKI Jakarta Siapkan 32 Kantong Parkir

Warga memberikan hormat saat pengibaran bendera Merah Putih dalam Upacara HUT ke-77 Republik Indonesia yang disaksikan dari Taman Aspirasi Monumen Nasional (Monas), Rabu (17/8/2022). Setelah sempat ditiadakan selama 2 tahun akibat pandemi Covid-19, Upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia disambut antusias warga dari berbagai daerah yang berdatangan untuk mengikuti meski hanya dari luar Istana Negara. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyediakan total 32 kantong parkir pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI pada Kamis, 17 Agustus 2023. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, rangkaian kegiatan HUT ke-78 RI terdiri dari sejumlah kegiatan, mulai dari Kirab Bendera Pusaka hingga pertunjukan seni budaya. Kirab Bandera Pusaka ini berlangsung pada pagi dan sore hari.

“Kegiatan Kirab Bendera Pusaka akan dimulai pukul 08.30 WIB sampai dengan pukul 09.30 WIB dengan rute kirab dari Monas-Silang Monas Barat Daya-Jalan Medan Merdeka Barat sisi Timur-Jalan Medan Merdeka Utara sisi Utara,” kata Syafrin dalam keterangan tertulis, Rabu, 16 Agustus 2023.

Sedangkan, kegiatan Kirab Bendera Pusaka pada sore hari akan dimulai pukul 16.30 WIB–17.30 WIB dengan rute kirab dari Jalan Medan Merdeka Utara sisi Utara/Istana Negara-Silang Monas Barat Laut-Monas. “Kegiatan Gemilang Silang Monas dilaksanakan tanggal 17 sampai dengan 20 Agustus 2023 Pukul 15.30 WIB sampai dengan 22.00 WIB di Monas,” kata dia.

Selanjutnya, bakal ada video mapping, pertunjukan seni budaya, konser musik, drama komedi, pertunjukan kembang api, bazar kuliner. Syafrin menyebut, untuk menunjang kegiatan Kirab Bendera Pusaka (Pagi Hari) akan dilakukan rekayasa lalu lintas mulai pukul 07.00 sampai dengan 11.00 WIB atau bersifat situasional.(*)

spot_img
Populer
Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here