Ganjar Pranowo Tingkatkan Semangat Nasionalisme: Upacara 17 Agustus Dengan Keunikan Baju Adat Jawa

Milenialnusantara.id – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengenakan pakaian adat Jawa Barat saat menjadi inspektur upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI), di Lapangan Simpang Lima, Kota Semarang.

Ganjar memakai baju adat Jawa Barat model Bedahan, warna putih, lengkap dengan ikat kepala dan batik yang dililitkan di pinggang. “Iya, ini baju adat Jawa Barat,” kata Ganjar dikutip dalam keterangan tertulis, Kamis (17/8/2023).

Ganjar mengatakan dirinya telah merencanakan mengenakan pakaian adat Jawa Barat saat memimpin upacara HUT Kemerdekaan RI di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Baju Bedahan memiliki bentuk seperti jas takwa dengan kerah seleher disertai kancing. Selain itu, terdapat satu saku di bagian atas dan dua saku di bagian bawah kiri dan kanan.

Ganjar mengatakan desain baju yang dikenakannya kali ini terinspirasi dari sosok Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Namun, Ganjar menyebut ada yang sedikit berbeda dengan pakaian adat Jawa Barat yang dikenakan Ridwan Kamil.

“Jadi kemarin saya cari yang dari Jawa Barat mana yang pas, ketemu ketika Kang Ridwan Kamil menggunakannya. Ini memang unik, bentuknya begitu, desainnya juga unik, Jadi iketnya itu juga kaya blangkon, tetapi bentuknya agak berbeda,” tutur Ganjar.

Istri Ganjar Pranowo, Siti Atikoh, yang turut mendampingi juga tampak elegan mengenakan kebaya. Atikoh memadupadankan kebaya putih dengan bawahan batik warna senada dengan ikat kepala dan sarung yang dikenakan Ganjar, warna merah dan keemasan.

Ganjar kerap menggunakan pakaian adat nusantara di momen-momen tertentu. Misalnya saat peringatan Hari Pahlawan, upacara Kemerdekaan Indonesia dan HUT Jawa Tengah. Beberapa baju adat nusantara yang pernah dikenakan Ganjar antara lain pakaian adat Madura, Kalimantan, Nias, Maluku, Makassar hingga baju adat Bali.

Selain itu, mengenakan baju adat nusantara juga telah diterapkan di Pemprov Jateng setiap Kamis pekan keempat. Adapun pada Kamis minggu pertama hingga ketiga mengenakan baju adat Jawa.(*)

spot_img
Populer
Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here