PDIP Ungkap Penyebab Kenaikan Elektabilitas Ganjar Meroket

Milenialnusantara.id – Elektabilitas calon presiden (capres) Ganjar Pranowo dalam berbagai hasil survei menunjukkan tren kenaikan yang signifikan.

Hasil survei terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dirilis Rabu (30/8) mengungkap elektabilitas Ganjar Pranowo naik. Pun Prabowo Subianto. Sementara, elektabilitas Anies Baswedan turun.

Dalam survei itu, Ganjar duduk di urutan pertama simulasi tiga capres. Elektabilitas Ganjar mencapai 37 persen pada Agustus 2023. Elektabilitasnya naik enam persen sejak Agustus tahun lalu.

Hasil riset Saiful Mujani Research Center (SMRC) menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo 35,9 persen, Prabowo Subianto 33,6 persen, dan Anies Baswedan mendapatkan dukungan publik 20,4 persen.

Selain itu, survei Litbang Kompas menunjukkan Ganjar meraih elektabilitas tertinggi dengan 34,1 persen. Kemudian disusul dengan Prabowo yang memiliki 31,3 persen, dan Anies dengan 19,2 persen.

Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil jajak pendapat terbaru, hasilnya, elektabilitas Ganjar Pranowo rebound atau kembali naik.

Bahkan dalam survei tersebut elektabilitas bacapres dari PDIP itu mampu mengalahkan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan dalam simulasi tiga. Adapun elektabilitas Ganjar sebesar 35,2 persen jika pemilihan presiden diadakan sekarang. Kemudian, Prabowo 33,2 persen dan Anies hanya 23,9 persen.

Respons PDIP
Menanggapi hasil tersebut, politisi senior PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno menilai, sosok Ganjar menjadi salah satu faktor meningkatkan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah itu.

Selain itu, lanjut dia, ada faktor lain yang mempengaruhi meningkatkanya elektabilitas Ganjar yaitu pengetahuan dan kesadaran kolektif masyarakat yang terus meningkat.

“Itu menyangkut literasi politik terkait riwayat masa lalu tokoh, afiliasi partai,” ujar Hendrawan seperti dikutip Rabu (30/8/2023).

Senada dengan itu, Ketua DPP Partai Perindo Heri Budianto menilai kenaikan elektabilitas Ganjar tersebut menunjukkan hal yang positif. Hal itu menurut dia menunjukkan kekuatan partai politik (parpol) pengusung dan pendukung Ganjar bekerja keras memenangkan Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

“Saat ini semua kekuatan dikerahkan untuk terus mendukung Ganjar Pranowo ke semua segmen pemilih,” kata Heri Budianto dalam keterangan terpisah.

Tren kenaikan elektabilitas Ganjar itu menurut Heri disebabkan karena “mesin” parpol koalisi solid bergerak sampai ke tingkat akar rumput.

Selain itu dia menilai, tim relawan juga ikut berkontribusi dalam mendongkrak elektabilitas Ganjar.

“Relawan disemua tingkatan dan lintas profesi bergerak sampai ke akar rumput,” tegas dia.

Dia membeberkan, kerja-kerja politik para relawan bergerak dalam satu komando di bawah koordinasi Ketua Tim Relawan Ganjar Pranowo yaitu Ahmad Basarah.

Sementara itu kerja politik di parpol berada di bawah koordinasi sekretaris jenderal masing-masing partai.

“Semua berkolaborasi untuk kemenangan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024,” dia menandasi.(*)

spot_img
Populer
Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here