Bupati Kapuas Hulu Sebut Pamole Beo Merupakan Tradisi Luhur yang Sarat dengan Nilai – Nilai Luhur

MILENIALNUSANTARA.ID – Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menghadiri pembukaan gawai Dayak Pamaole’ Beo Desa Ulak Pauk Kecamatan Embaloh Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2024, Senin (3/5/2024).

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengatakan sebagai umat beriman layak dan pantas kita selalu memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan berkat serta anugerah Nya kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, menyambut baik dan turut bersuka cita terselenggaranya Pamole’ Beo ini.Saya juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh panitia dan semua pihak yang telah terlibat serta bekerja keras,” kata Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan dalam sambutannya.

Fransiskus Diaan mengatakan, sebagaimana dipahami bersama bahwa kegiatan ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya.

“Pamole’ Beo merupakan tradisi luhur yang sarat dengan nilai-nilai luhur yang harus kita jaga, pertahankan dan lestarikan,” ujarnya.

Menurutnya, Pamole’ Beo merupakan ungkapan rasa syukur atas hasil panen yang telah dicapai dalam tahun sebelumnya serta permohonan berkat atas peralatan berladang dan benih yang akan ditanam agar tumbuh subur dan menghasilkan buah yang berlimpah.

“Pamole’ Beo dilakukan dengan melibatkan seluruh masyarakat kampung, dimana upacara Pamole’ Beo dilakukan dan mengundang masyarakat dari kampung sekitar,” tuturnya.

Oleh karena itu, Pamole’ Beo dilaksanakan dengan meriah serta penuh suka cita sebagai bentuk ungkapan syukur masyarakat Tamambaloh atas hasil panen yang didapatkan.

“Semoga kedepannya generasi-generasi muda kita adalah generasi yang mau peduli akan budanya, berkualitas, kreatif berbudaya dan bermartabat dengan tetap mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal dan bangga dengan identitas dirinya sebagai bangsa yang berbudaya,” ujarnya.

Dirinya berharap, kegiatan seperti ini dapat menjadi media untuk membangun animo generasi muda dalam menggali, mengenali dan memahami nilai-nilai budaya tradisi yang sarat dengan tata nilai yang luhur.(*)

 

spot_img
Populer
Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here